Pembelajaran Tekanan Udara Melalui Praktik Sederhana di SMPTQ Abi-Ummi Boyolali

Untuk meningkatkan literasi sains dan pemahaman konsep IPA, dosen Pendidikan Fisika Nira Nurwulandari, M.Pd. melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada tanggal 19 November 2025 di SMP Putri Abi Ummi Boyolali dengan fokus materi Tekanan Udara. Pembelajaran dilakukan melalui serangkaian eksperimen sederhana, siswi diajak mengamati langsung berbagai fenomena tekanan udara yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini berlangsung interaktif dan penuh antusiasme. Para siswi yang hadir terlihat aktif berdiskusi, mengamati demonstrasi, dan mencoba melakukan praktik sendiri dengan bimbingan pemateri.

1.⁠ ⁠Balon Mengembang di Dalam Botol Tertutup

Pada percobaan pertama, siswi mengamati bagaimana balon dapat mengembang di dalam botol tertutup yang berisi campuran air cuka dan baking soda. Reaksi kimia antara kedua bahan ini menghasilkan gas karbon dioksida yang meningkatkan tekanan di dalam botol, sehingga balon perlahan mengembang. Percobaan ini memperlihatkan secara langsung bagaimana tekanan udara (gas CO₂) dapat melakukan kerja terhadap benda.

2.⁠ ⁠Air Tidak Tumpah Meski Botol Dibalik

Percobaan kedua menunjukkan bahwa saat botol berisi air ditutup dengan tisu atau kertas lalu dibalik, air tidak tumpah. Fenomena ini terjadi karena tekanan udara dari luar lebih besar daripada tekanan air dari dalam, sehingga kertas tetap menahan air meskipun posisi botol terbalik.

3.⁠ ⁠Air Masuk ke Dalam Gelas Berisi Lilin Menyala

Percobaan terakhir dilakukan dengan menyalakan lilin di dalam gelas, kemudian gelas tersebut ditelungkupkan di atas piring berisi air. Saat api padam dan udara di dalam gelas mendingin, tekanan udara di dalam menurun. Tekanan udara luar kemudian mendorong air masuk ke dalam gelas. Siswi tampak sangat antusias melihat perubahan volume air yang terjadi.

Dosen Nira Nurwulandari, M.Pd. menegaskan bahwa pembelajaran berbasis eksperimen mampu memberikan pengalaman konkret bagi siswi. Jika siswi melihat langsung, mereka menjadi lebih mudah memahami konsep fisika yang selama ini dianggap abstrak.