Belajar Sains Jadi Seru: Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Fisika Hadirkan Inovasi Proyek STEAM di MTsN 4 Sleman

Sleman, 19 Juni 2025 — Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang inspiratif dan aplikatif. Kegiatan bertajuk "Belajar Sains Jadi Seru: Inovasi Kreatif Proyek STEAM dalam Pembelajaran IPA Terpadu" ini digelar pada Kamis, 19 Juni 2025, bertempat di MTsN 4 Sleman dan diikuti oleh para siswa tingkat Madrasah Tsanawiyah.

PkM ini dipandu oleh dosen Pendidikan Fisika, Ibu Puspo Rohmi, M.Pd., yang berkolaborasi dengan mahasiswa, Syahirul Alim. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) melalui proyek nyata yang memadukan kreativitas dan konsep ilmiah.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa mendemonstrasikan salah satu proyek STEAM berupa jembatan hidrolik sederhana yang memanfaatkan prinsip Hukum Pascal. Melalui demonstrasi ini, siswa diajak memahami bagaimana tekanan fluida dapat dimanfaatkan untuk mengangkat beban pada sistem hidrolik, yang aplikasinya banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada dongkrak, rem hidrolik, dan alat berat.

“Proyek jembatan hidrolik ini bukan hanya menarik secara visual, tetapi juga efektif untuk menjelaskan konsep IPAyang sering dianggap sulit,” jelas Ibu Puspo dalam sambutannya. Ia juga menekankan pentingnya pembelajaran IPA yang kontekstual dan menyenangkan agar siswa lebih mudah memahami materi dan termotivasi belajar.

Siswa-siswi MTsN 4 Sleman tampak antusias mengikuti kegiatan, mencoba langsung sistem hidrolik yang ditampilkan, serta berdiskusi tentang penerapan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.

Pihak sekolah mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kolaborasi dengan UIN Sunan Kalijaga dapat terus berlanjut. “Melalui kegiatan seperti ini, siswa jadi lebih semangat belajar IPA karena disampaikan dengan cara yang menarik dan aplikatif,” ujar Ricki Armando Putra, M.Pd,salah satu guru IPA MTsN 4 Sleman.

Kegiatan ini menjadi bentuk nyata kontribusi Prodi Pendidikan Fisika dalam mendekatkan sains dengan kehidupan siswa, sekaligus memberikan ruang pengembangan diri bagi mahasiswa melalui keterlibatan dalam kegiatan pengabdian berbasis edukasi dan inovasi.