Integrasikan Etnosains dan STEAM, Prodi Pendidikan Fisika Latih Guru SMATQ Menulis Karya Ilmiah
Dr. Ika Kartika, M.Pd.Si, Menyampaikan Materi Publikasi Ilmiah kepada Para Guru di SMATQ Abi-Ummi Boyolali
Boyolali, Jawa Tengah — Rabu, 19 November 2025. Program Studi Pendidikan Fisika melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMATQ dan SMATQ ABI-UMMI Boyolali dengan tema “Pelatihan & Pendampingan Publikasi Ilmiah Guru SMA.” Kegiatan ini bertujuan memperkuat budaya riset dan publikasi ilmiah guru melalui pelatihan terarah dan pendampingan penulisan artikel jurnal.
PKM menghadirkan narasumber Dr. Ika Kartika, M.Pd.Si, dosen Prodi Pendidikan Fisika, yang memberikan materi tentang urgensi publikasi ilmiah, langkah merancang penelitian berbasis kelas, teknik penulisan artikel sesuai template jurnal, serta strategi submit dan menghadapi reviewer. Peserta kegiatan terdiri dari guru-guru SMATQ dan SMATQ ABI-UMMI Boyolali lintas bidang studi, meliputi guru Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, BK, dan guru-guru lainnya.
Dalam pendampingan, narasumber menekankan pentingnya riset pembelajaran yang kontekstual dan inovatif dengan mengintegrasikan etnosains (kearifan lokal sebagai konteks belajar) serta pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) melalui pembelajaran berbasis proyek dan produk. Guru dibimbing memetakan masalah pembelajaran nyata di kelas, menyusun rancangan penelitian/PTK, hingga menghasilkan draft artikel ilmiah. Integrasi pendekatan etnosains dan STEAM yang dipandu oleh narasumber Dr. Ika Kartika, M.Pd.Si diharapkan mampu memperkaya desain penelitian guru agar lebih inovatif, kontekstual, serta berdampak langsung pada kualitas pembelajaran di sekolah.
Kegiatan berlangsung interaktif dan mendapat respons positif dari peserta maupun pihak sekolah. Sebagai luaran awal, guru menghasilkan draft artikel ilmiah yang akan dilanjutkan dengan pendampingan berkala hingga siap disubmit ke jurnal. Prodi Pendidikan Fisika berharap program ini mendorong guru semakin produktif menulis dan mempublikasikan inovasi pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dan Prodi Pendidikan Fisika berharap kegiatan ini menjadi pemantik tumbuhnya tradisi publikasi ilmiah berkesinambungan di sekolah mitra, sekaligus mempererat kemitraan akademik dosen–guru untuk memajukan pendidikan fisika dan sains di masa depan.