Delegasi Mahasiswa Pendidikan Fisika berhasil Menjuarai Lomba Teacher Idol 2019

Prodi Pendidikan Fisika mengirimkan 3 delegasi mahasiswa yaituRicky Armando Putra (angkatan 2016), Sulistiana Martia Nugraha (angkatan 2017), dan Iis Nilam Cahya (angkatan 2016), untuk mengikuti lombaTeacher Idol 2019 yang di selenggarakan oleh STKIP Al Hikmah Surabaya tingkat nasional. Ketiga mahasiswa tersebut lolos tahap pertama yaitu seleksi berkas berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dikirimkan ke pihak penyelenggara. Menurut Ricky, tahap berikutnya yaitu babak semifinal (praktek microteaching) yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 27 November 2019, apabila lolos 10 besar (finalis)maka berhak kembali tampil mengajar di depan juri dengan waktu mengajarnya/microteaching selama 30 menit, dengan rincian 5 menit persiapan 20 menit tampil, dan 5 menit untuk sesi tanya jawab dengan juri.

Pada hari kedua (28 Nov 2019), terdapat 2 mahasiswa yang berhasil meloloskan diri masuk ke babak final (10 besar) yaitu Ricky A.P. dan Sulistiana M.N.Pada tahap final ini, materi pelajaran ditentukan oleh panitia yang terdiri dari 5 materi sekolah, materi yang didapatkan akan diacak ketika melakukan simulasi microteaching (tujuannya agar ketika mahasiswa sudah menjadi guru, akan selalu siap jika secara tiba-tiba harus mengajar materi fisika tertentu).

Akhirnya Ricky berhasil meraih juara 1 mengalahkan 10 finalis lainnya yakni dari STIKIP Al Hikmah Surabaya, 2 peserta Universitas Negeri Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Negeri Malang, Universitas Bengkulu, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Kanjuruhan Malang, dan 2 rekannya dari Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menurut Iis Nilam, mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga yang ikut mensuporteri penampilan Ricky di babak final, dari 10 finaslis yang tampil, Ricky berpenampilan paling meyakinkan dan dapat membawa suasana pembelajaran fisika lebih cair dan atraktif melibatkan semua audience yang dianggap sebagai murid SMU. Cara menjelaskannyapun enak diterima. Tidak menegangkan dan sangar seperti yang masih sering dilakukan oleh para guru fisika konvensional. Penampilan Ricky pada saat mengajar sangat mengesankan, penguasaan materi, sangat bagus dan pengendalian siswanya sangat baik. Sehingga pantaslah Ricky menjuarai kompetisi ini.

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler